PENGANTAR STUDI ISLAM
1. Sejarah Perkembangan Studi Islam
Sejarah perkembangan studi islam itu meliputi sejarah perkembangan studi islam( 1 ) di dunia muslim, ( 2 ) di dunia Barat, dan ( 3 ) di Indonesia. Berbicara tentang sejarah studi islam tidak dapat dipisahkan dengan studi lembaga-lembaga dan kurikulum pendidikan islam, yang juga berarti mempelajari sejarah pendidikan islam. Sebab lewat lembaga dan kurikulum inilah pada prinsipnya diketahui perkembangan studi islam.
1. Sejarah studi Islam di dunia muslim
1.a. Secara garis besar tahapan pengajian di dunia muslim itu ada 4 tahapan:
(1). Fase pertama pendidikan islam dilakukan di rumah-rumah alim ulama,
(2). Selanjutnya, pendidikan beralih ke sistem kuttab yang berfungsi sebagai tempat untuk mengajarkan baca tulis al- qur’an dan juga berfungsi sebagai tempat untuk mengkaji dan mengajarkan al-qur’an dan dasar-dasar islam.
(3). Adapun pada tahap ini studi islam berpusat di masjid-masjid dengan system halaqoh.
(4). Yang terakhir di madrasah-madrasah.
1.b. Dalam hal ini ada 2 periode mengenai sejarah perkembangan di dunia muslim:
(1). Pada akhir periode madinah sampai abad ke-4 H.
pada periode ini system pengajian islam belum di sekolah-sekolah tetapi, masih di rumah-rumah dan masjid-masjid dengan ciri hafalan, namun pada periode ini sudah dikenalkan masalah logika, matematika, ilmu alam, kedokteran, kimia, dan lain sebagainya.
(2). Pada abad ke-5 H.
Pada periode ini pengajian islam sudah meningkat ke system sekolah-sekolah dan berkembang menjadi gedung-gedung besar perguruan tinggi, Dan di periode ini pulalah terjadinya pemisahan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu umum, bahkan terkesan terjadi dikotomi.
Di abad ini juga telah banyak tumbuh perguruan tinggi seperti (1) Nizhamiyyah di Baghdad, (2) Al-Azhar di kairo mesir, (3)Cordova, dan (4) Kairwan Amir Nizam al-Muluk di maroko.
2. Sejarah studi Islam di dunia Barat
Pembahasan bagai mana studi Islam di barat dapat di kelompokan menjadi dua, yakni: (1) berdasaekan dosen yang mengajar, dan (2) berdasarkan institusi. Berdasarkan dosen yang mengajar dikelompokkan menjadi dua: (1) tenaga pengajar yang menganut agama Islam (muslim), dan (2) tenaga pengajar non- muslim.
Menurut fazlur rahman bahwa studi islam yang ada di dunia barat lebih didominasi oleh orientalis dan beliau mengelompokkan para orientalis ini berdasarkan bidang keilmuan yang ditekuni. Studi dalam bidang al-qur’an seumpama, fazlur rahman mengelompokkannya menjadi 2 kelompok besar, yakni: (1) missionaries dan (2) akademik.
Berbeda lagi dengan koren dan nevo, mereka menawarkan teori lain yang berhubungan dengan hal ini, yaitu: (2) tradisionalist, dan(2) revisionist.
Pusat studi Islam di dunia Barat:
v Kanada
v Amerika serikat
v Inggris
v Belanda
v Jerman
v Australia
3. Sejarah perkembangan studi Islam di Indonesia
(+) System pendidikan islam di Indonesia mulai dari pendidikan:
v Langgar, atau langgar, atau masjid, atau rumah guru.
v Pesantren, atau ma’had, atau zawiyah.
v Pendidikan di kerajaan-kerajaan Islam.
v Sekolah, kelas, atau pun madrasah.
(+) System langgar dan pendidikan pesantren ada 2 cara:
(1). Sorogan, yaitu seorang murid berhadapan secara langsung dengan guru, dan bersifat perorangan.
(2). Halaqoh, yaitu seorang guru dikelilingi oleh murid-muridnya.
(+) System kerajaan Islam ada 2 metode:
(1). Masjlis ta’lim
(2). Halaqoh.
(+) System kelas :
(1) Sekolah atau madrasah
(2) Organisasi
(3) Universitas, sekolah tinggi, atau pun perguruan tinggi.
Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo. Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione...
Phasellus tempor facilisis dui, ac dapibus tortor porta at. Proin varius semper pretium. Aliquam vitae sagittis ligula. Proin et sem eget nulla scelerisque sollicitudin. Donec varius elementum lacus vel vulputate. Duis a leo diam, quis tempor orci. Suspendisse tempus sollicitudin leo eu convallis. Integer porttitor, nulla sit amet ullamcorper...
Suspendisse aliquet sem ut nulla. Cras mollis ornare nisl. Morbi ac mi. Nunc eget nisi. Donec at enim. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Sed diam. Ut sagittis ultrices urna. Suspendisse eget erat non purus varius sodales. Aliquam imperdiet lobortis libero. Suspendisse scelerisque...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Sed pede felis, tempor eu, aliquet ut, pulvinar eu, nunc. Quisque sed magna non risus porta sollicitudin. Morbi congue sapien nec diam. Cras nibh lacus, ullamcorper sit amet, pretium congue, consectetuer convallis, metus. Aliquam erat volutpat. Cum sociis natoque penatibus et magnis...